SEJARAH KOTA LAMA SURABAYA

Nama : Popy Firnanda Rohmawati

NIM   : 3330023013

Prodi : S1 Akuntansi 


SEJARAH KOTA LAMA SURABAYA

Indonesia adalah negara yang memiliki sejumlah peninggalan-peninggalan kebudayaan sejak zaman dahulu kala. Bentuk peninggalan tersebut salah satunya adalah cagar budaya yang memiliki nilai sejarah dari zaman penjajahan. Adanya cagar budaya baik itu bangunan ataupun lingkungan juga menjadikan ciri khas dan jati diri bangsa tersendiri yang dimiliki oleh Indonesia serta dapat membedakan dengan negara-negara lain. Keberadaan cagar budaya merupakan sebuah upaya yang harus dijalankan oleh pemeritah untuk terus melindungi dan menghidupkan kembali



 cagar budaya dengan upaya pelestarian melalui revitalisasi. Kota Surabaya terkenal dengan julukan sebagai Kota Pahlawan yang juga merupakan salah satu kota tertua di Indonesia serta mempunyai banyak keberadaan kawasan cagar budaya.



 Beberapa cagar budaya yang berada di Surabaya tersebut merupakan salah satu kelebihan yang dapat dijadikan daya tarik tersendiri oleh para wisatawan, salah satunya yakni Kawasan Kota Lama yang berada di Surabaya Utara. Menurut Kuncarsono dalam portal berita online kompas.com “Kawasan kota lama khususnya yaitu Jalan Panggung sudah memasuki kategori kawasan cagar budaya”. Mengingat bahwa Kota Surabaya memiliki potensi dengan keberadaan cagar budaya sebagai daya tarik oleh wisatawan, Pemerintah Kota Surabaya sudah seyogyanya untuk berupaya untuk melakukan pelestarian keberadaan cagar budaya, baik itu bangunan ataupun lingkungan/Kawasan.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

day 2 resume materi 4

day 2 resume materi 2

resume materi 5